Selasa, 27 September 2016

Bagaimana Anak Ayam Bernafas di Dalam Telur?



Sama seperti manusia, bayi hewan juga akan mendapat splai kebutuhan dari ibunya. Baik di dalam kandungan maupun di sarang. Tapi bagaimana dengan anak ayam? Mereka kan hidup di dalam telur, di mana tak ada lubang di sisi-sisinya? Bagaimana mereka tetap hidup?

Kamu pernah makan telur rebus dan memecahkan cangkangnya? Pasti kamu akan menemukan satu sisi yang kosong tak berisi bagian telur. Nah inilah kantung udara. Seperti yang kita tahu, ketika oksigen digunakan maka akan menghasilkan karbondioksida. Dan terlalu banyak karbondioksida akan tidak baik.

Nah telur ini menjadi contoh fantastis keajaiban alam. Melalui kantung udara inilah anak ayam mendapat suplai oksigen. Lalu bagaimana dengan karbondioksida yang dihasilkan? Pertukaran gas dengan lingkungannya dilakukan dengan proses difusi. Kamu tahu, bahwa cangkang telur memiliki pori-pori yang sangat kecil pada permukaannya.

Ketika proses perkembangan anak ayam, oksigen dari kantung udara akan digunakan dan karbon dioksida akan memenuhi kantung ini. Tapi berkat difusi karbondioksida dapat keluar dan oksigen dapat masuk untuk menunjang kehidupan calon ayam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar